8 Manfaat Spa Untuk Kesehatan dan Perkembangan Bayi

8 Manfaat Spa Untuk Kesehatan dan Perkembangan Bayi

8 Manfaat Spa Untuk Kesehatan dan Perkembangan BayiMemiliki bayi yang sehat dan lucu merupakan idaman semua orang di seluruh dunia. Bahkan mereka rela jika harus menukar hartanya demi mendapatkan buah hati sesuai impian. Faktanya banyak kalangan orang tua terutama ibunda yang merasa kerepotan pada saat mendengar jeritan hingga tangisan bayi di tengah malam. Hal tersebut mungkin sudah biasa terjadi, namun mereka yang baru melahirkannya sangat ingin menemui dokter atau keluarga terdekat.

Perlu diketahui bahwa bayi rewel baik siang atau malam hari didasari oleh berbagai macam hal. Beberapa di antaranya adalah tidur selalu terganggu, asupan ASLI yang kurang, belum peka terhadap lingkungan dan lain sebagainya. Akan tetapi masalah tersebut bisa diatasi secara mudah dengan cara melakukan spa untuk menjaga kesehatan dan perkembangan si kecil. Diketahui bahwa spa ada dua macam, yaitu;

1. Neonatal Massage
Neonatal Massage tidak menggunakan air kolam sebagai medianya, melainkan menggunakan tangan untuk melakukan pemijatan di berbagai titik terhadap bayi. Yang pasti terapi ini hanya dilakukan oleh instruktur bersertifikat dan berpengalaman di bidangnya. Jika dilakukan secara teratur, maka kesehatan bayi akan terus terjaga dan mereka akan mendapatkan kenyamanan dalam tidurnya hingga terbebas dari sembelit.

2. Hidroterapi
Hidroterapi merupakan terapi kesehatan untuk bayi yang menggunakan air kolam khusus dan pelampung kepala. Biasanya proses tersebut dapat dilangsungkan antara 10 hingga 30 menit dengan air hangat. Sama halnya Neonatal Massage, aktivitas ini juga dipandu oleh profesional.

8 Manfaat Utama Spa Untuk Kesehatan Bayi

Yang pasti tak hanya orang dewasa saja yang harus melakukan terapi spa, tapi mengajarkan pada bayi akan menjadikan kesehatan dan perkembangan mereka lebih tertata rapi. Dan berdasarkan keterangan dari beberapa sumber, di bawah ini merupakan sederet manfaat spa untuk kembang tumbuh bayi, antara lain;

1. Membuat Bayi Tidur Nyenyak
Peran ibunda dalam mengasuh bayi bisa dikatakan lebih lega dan tenang. Sebab manfaat spa yang pertama yaitu membuat sang buah hati nyenyak tidur sepanjang malam. Itu karena proses spa yang dilakukan terlalu banyak menguras energi bayi saat bermain di dalam air. Terlebih adanya pijatan di beberapa titik juga membuat mereka kecapekan. Sehingga kualitas tidur pun akan berlangsung aman hingga hari berikutnya.

2. Meningkatkan Sensor Motorik
Diketahui bahwa banyak perbedaan yang mencolok terhadap bayi sebelum dan sesudah melakukan spa. Faktanya sensor motorik sang buah hati akan meningkat dengan sendirinya lantaran mereka dipaksa untuk menggerakkan seluruh badan saat berada di genangan air. Organ otot dan sel tubuh lainnya pun juga bekerja maksimal untuk memberikan kekuatan. Sehingga mereka akan selalu merasa nyaman dalam kondisi apa pun.

3. Mempercepat Daya Pikir Otak
Siapa bilang bayi tidak bisa berpikir walau masih belum mampu berbicara Sebab mereka sudah memiliki ancang – ancang untuk melakukan sesuatu yang disukainya tanpa harus berucap apa pun. Lebih dari itu, kinerja otak dan daya pikir mereka akan semakin cepat lantaran dibekali dengan rangsangan saraf dan sel baru yang cepat terhadap sesuatu di depannya.

4. Melatih Mentalitas dan Keberanian
Bisanya bayi akan selalu menangis pada saat ingin menggapai sesuatu. Namun para orang tua terkadang tidak terlalu peka terhadap hal tersebut. Dan setelah sering melakukan spa, maka mereka akan berusaha sekuat tenaga untuk mendekatkan diri terhadap lingkungan. Mentalitas dan keberanian mereka seakan – akan terlatih untuk terbiasa dengan keadaan dan lingkungan baru. Sehingga proses adaptasi terhadap lingkungan sekitar terbilang sangat cepat.

5. Menguatkan Kinerja Tulang dan Otot
Tak sedikit bayi yang selalu rebahan pada saat menginginkan sesuatu. Padahal secara pertumbuhan, mereka sudah bisa merangkak. Tapi beda halnya dengan bayi lulusan spa, tulang dan otot mereka akan semakin kuat seiring berjalannya waktu. Sebab pemijatan neonatal sangat penting untuk memicu pergerakan dan perkembangan bayi. Alhasil mereka bisa merangkak atau mungkin berdiri tak lebih dari 1 tahun.

8 Manfaat Spa Untuk Kesehatan dan Perkembangan Bayi

6. Melancarkan Peredaran Darah
Spa sangat berarti besar terhadap perkembangan dan kesehatan bayi, hal tersebut diungkapkan langsung oleh organisasi pijat bayi dari berbagai daerah. Diketahui bahwa spa mampu melancarkan peredaran darah dan sistem pencernaan. Jadi bayi mulai bisa mengunyah sesuatu sebelum 4 bulan. Di sisi lain, mereka pun tidak mudah mengalai kram, kejang – kejang hingga konstipasi yang hingga kini masih menjadi ketakutan para orang tua.

7. Mempercepat Proses Stimulasi
Tak hanya itu saja, bayi yang terlalu sering melakukan spa sangat mampu untuk mempercepat proses stimulasi, terutama kenaikan berat badan. Itu karena sistem saraf yang bekerja akan terus memompa pertumbuhan badan agar mereka semakin berat dan tinggi. Terlebih jika para ibunda selalu menambahkan banyak vitamin dan nutrisi yang layak. Pastinya sang buah hati akan lebih berkembang dari hari ke hari.

8. Meredam Terjadinya Stres
Dan manfaat yang paling banyak dipercaya oleh barisan orang tua yakni meredam terjadinya stres. Memang benar bahwa bayi terlihat selalu ceria dan menggemaskan pada saat terdiam. Namun mereka akan berubah sikap pada saat mengalami stres atau gangguan yang tidak disukainya. Rewel dan sering menangis merupakan pelampiasan utama yang selalu dilantunkannya. Ada banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut, salah satunya adalah tidak enak badan.

Jika di simpulkan, bayi menangis hingga tidak nyenyak tidur bukan pertanda kurang sehat. Akan tetapi mereka ingin pelayanan yang terbaik dari orang tua. Salah satunya adalah melakukan spa secara rutin di berbagai lokasi terdekat.